R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
UTD RSHD Jemput Bola Melalui Hai Darling

UTD RSHD Jemput Bola Melalui Hai Darling

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 02 Maret 2024, 10:11
RSHD Barabai, Donor Darah, Hai Darling, UTD RSHD

"RSUD H.Damanhuri Barabai Berkomitmen Untuk Terus Mencukupi Stok Darah Untuk Kebutuhan Pasien dengan Program Hai Darling"

Barabai, 2 Maret 2024 - Kebutuhan darah di RSUD H.Damanhuri Barabai terus meningkat setiap harinya. Kunjungan pasien rawat inap dalam 1 bulan terakhir mencapai 1.858 kunjungan. Untuk mencukupi permintaan stok darah setiap harinya, UTD RSHD Barabai membuat program jemput bola bernama Hai Darling (Hari Donor Darah Keliling) dengan target perbulan sebanyak 500 kantong darah.


Kepala Dinas Kesehatan Kab.HST, dr.Desfi Delfiana Fahmi, dalam sambutannya, menyatakan sangat menyambut baik program ini, pasalnya kebutuhan darah memang salah satu hal paling krusial dan dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit untuk menunjang pengobatan. “Hai Darling kali ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan dilaksanakan di setiap puskesmas di Hulu Sungai Tengah, yang sudah berjalan mulai bulan Januari tadi,” jelas dr. Desfi. 


dr. Faizah Yunianti, Sp.PK selaku Ketua dari Program Hai Darling, juga  menjelaskan bahwa program Hai Darling sebenarnya sudah berjalan mulai tahun 2023, ke beberapa tempat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. “Banyak manfaat donor darah ya bapak/ibu, diantaranya menjaga kesehatan jantung, dapat menurunkan kolesterol, dan mendeteksi penyakit menular,” katanya.  


“Stok darah yang didapat selama 2 bulan di awal tahun, melalui program Hai Darling ini, Alhamdulillah mencapai 291 kantong. Namun stok darah ini biasanya akan terus berkurang karena banyaknya kebutuhan pasien di rumah sakit.” jelas Fatimah, S.St selaku Kepala UTD RSHD saat diwawancarai.


Beliau berharap program ini akan terus dilaksanakan agar stok darah terus tercukupi untuk para pasien di rumah sakit, agar pasien yang membutuhkan dapat segera ditangani. 

Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung mengunjungi Unit Transfusi Darah yang buka 24 jam, karena satu tetes darah sangat berarti bagi pasien yang membutuhkan.(erp)