R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Tingkatkan Pelayanan Kerohaniah : RSHD Adakan IHT Management Ibadah Pasien di Rumah Sakit

Tingkatkan Pelayanan Kerohaniah : RSHD Adakan IHT Management Ibadah Pasien di Rumah Sakit

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 28 Februari 2024, 08:24

Dengan IHT ini diharapkan pasien di RSHD selain mendapatkan pelayanan kesehatan juga mendapatkan pelayanan spiritual dan dapat menjalankan kewajiban ibadah saat sakit.

Berita RSHD- Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Terkenal dengan masyarakatnya yang religius. untuk meningkatkan pelayanan yang professional dan berpusat pada pasien dalam memenuhi kebutuhan spiritualnya. Pada 27 Februari 2024 bertempat di Aula lantai 2 gedung Utama. RSUD H. Damanhuri Barabai melalui Tim Kerohanian mengadakan kegiatan In House Training (IHT) tentang "Management Ibadah Pasien di Rumah Sakit”.



Direktur melalui Tim kerohanian ingian setiap karyawan dapat melakukan pelayanan kerohanian, seperti dapat mengajarkan pendampinga caranya bersuci (tayammum) dan ibadah selama sakit.

Untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan spiritual masih sering diabaikan, dan kendala penyakit penyerta  serta keterbatasan pengetahuan dan prasarana membuat pasien kesulitan untuk dapat menjalankan ibadahnya.

Dukungan manajemen sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan ibadah pasien


Ditemui sesuai kegiatan, Bu Cahya Ningtyas. Kasi Bidang Keperawatan dan Kebidanan Rawat Inap dan Intensif memaparkan “Perawat diruang inap dituntut untuk dapat aktif memberikan  pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara bermutu, berkualitas dan professional dan tentu saja kebutuhan Spiritual pasien sangat penting untuk kesembuhan”

Acara ini adalah kegiatan IHT kedua di tahun 2024. Narasumber kali ini bapak dr. Riyan Maulana Sp. An dengan materi pengantar Pelayanan Rohani di RS dan Yuspa Sa'dillah, S.Pd.I dengan materi Panduan Bersuci dan Sholat Bagi Orang Sakit. yang pesertanya ditujukan untuk perawat dan loper ruang Afiat 1 dan Al-Adn 1. Kegiatan ini akan terus dilanjutka sehingga semua perawat rawat inap terpapar.

“Mudah-mudahan kedepan Tim kerohanian terbentuk menjadi Unit Kerohanian sehingga dapat lebih aktif dan mampu memenuhi target kerja Tim kerohanian secara optimal” ungkap dr. Riyan Maulana, Sp.An

Dengan IHT ini diharapkan pasien di RSHD selain mendapatkan pelayanan kesehatan juga mendapatkan pelayanan spiritual dan dapat menjalankan kewajiban ibadah saat sakit. (A.r)