R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
RSHD Barabai Rayakan Hari Anak Nasional lakukan Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Antropometri

RSHD Barabai Rayakan Hari Anak Nasional lakukan Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Antropometri

Ditulis oleh didiand pada 23 Juli 2019, 11:35
rshd, brb, al-khair, anak, Indonesia

Dalam rangka ikut serta memperingati Hari Anak Nasional ke-35th, tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bersama dokter spesialis anak Rumah Sakit RSUD H. Damanhuri Barabai, mengadakan apel peringatan HAN, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan antropometri dengan tema “Pentingnya Nutrisi bagi Tumbuh Kembang Anak”.

Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Peringatan HAN sendiri dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Dalam rangka ikut serta memperingati Hari Anak Nasional ke-35th, tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bersama dokter spesialis anak Rumah Sakit RSUD H. Damanhuri Barabai, mengadakan apel peringatan HAN, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan antropometri dengan tema “Pentingnya Nutrisi bagi Tumbuh Kembang Anak”.

Apel peringatan Hari Anak Nasional di Rumah Sakit dibuka dengan sambutan Direktur Rumah Sakit (dr.Muhammad Asnal, Sp.B, FInaCS), sambutan dari Dokter Spesialis Anak (dr. Iin Trilistiyanti, Sp.A) dan ditutup dengan pelepasan balon ke udara yang bermakna melepaskan masa lalu yang buruk dan siap menghadapi masa kini yang harus dijalani lebih baik.

Selain itu, balon yang dilepaskan bermakna sebagai harapan yang artinya melalui peringatan HAN ini diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan pekembangannya.

Acara HAN dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan Antropometri di PAUD IT Al-Khair Barabai, dengan sasaran peserta penyuluhan adalah orang tua anak, dan peserta pemeriksaanan antropometri adalah anak-anak dari KB2 PAUD IT Al-Khair Barabai yang berjumlah 38 orang dengan rentang umur 3-4 tahun.

Acara dimulai dengan sambutan Direktur Operasional SIT Al-Khair Barabai, M.Nazar Budiman, S.Pd.I. Beliau membeberkan jika SIT Alkhair dalam rangka hari anak nasional siap menjadi sekolah yang sehat. Apalagi, SIT Alkhair juga sudah memberlakukan makan bersama dengan cara siswa membawa bekal sendiri dengan gizi seimbang. "Kegiatan ini dihadiri oleh orangtua dari siswa PAUD SIT Alkhair," katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Farida Apriyana dari Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Narasumber acara penyuluhan yaitu dr. Yusuf, M.Sc, Sp.A dengan judul “Ayo Cegah Stunting”, yang dimana dengan disampaikannya informasi tersebut diharapkan para peserta penyuluhan mengetahui apa itu stunting, faktor penyebab stunting, dampak dan cara mencegahnya. Peserta sangat antusias mengikuti acara penyuluhan tersebut.

Pemeriksaan antropometri dilaksanakan setelah acara penyuluhan oleh dr. Iin Trilistiyanti, Sp.A didampingi 3 orang dokter intership. Pemeriksaan dilakukan mulai menimbang berat badan anak, mengukur tinggi badan dilanjutkan dengan penghitungan status gizi anak.

HAN harus dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua warga bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak agar anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas tinggi.

https://www.youtube.com/embed/HclAFqMq4K4