R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Peresmian Gedung PICU, NICU, dan Perinatologi RSUD H. Damanhuri Barabai: Suatu Tonggak Penting dalam Pelayanan Kesehatan Anak

Peresmian Gedung PICU, NICU, dan Perinatologi RSUD H. Damanhuri Barabai: Suatu Tonggak Penting dalam Pelayanan Kesehatan Anak

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 27 Maret 2024, 09:13
RSHD Barabai, BUPATI HST, PICU, NICU, PERINATOLOGI

RSUD H.Damanhuri Barabai berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan yang prima, salah satunya dengan memberikan fasilitas canggih dan tenaga kesehatan yang profesional.

BARABAI, 26 Maret 2024 - Hari ini, RSUD H. Damanhuri Barabai merayakan momen bersejarah dengan peresmian Gedung Ruang Rawat Inap Intensif Anak (PICU), Intensif Neonatal (NICU), dan Perinatologi. Acara ini dihadiri Bupati Hulu Sungai Tengah, Unsur Forkopimda, Komisi 1 DPRD, Kepala Bidang Peyanana Kesehatan Dinas Kesehatan  Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kab.HST, Perwakilan BPJS Cabang Barabai, Perwakilan Bank Kalsel, Kepala Lapas kelas II HST, Ketua MUI Kab.HST dan Direktur Rumah Sakit sebanua Enam.

Acara diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HST, Kemudian dilanjutkan dengan Doa yang dipimpin oleh Ketua MUI HST, Ustadz Khairuddin, LC, dan Pemutaran Video Gedung Rawat Inap Picu, Nicu dan Perinatologi.

Dalam laporan Direktur, dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B menyampaikan bahwa ada komitmen bersama dari Kementerian Kesehatan untuk memperbarui alat kesehatan, sementara ruang PICU dan NICU mampu menampung 18 pasien dengan berbagai tingkat keparahan, serta dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai, termasuk alat bantu nafas yang digunakan secara bersama-sama. “Selama bulan Januari dan Februari 2024, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami lonjakan yang signifikan. Dengan bantuan Dinas Kesehatan, RSUD H. Damanhuri Barabai berhasil menambah inkubator dan tempat tidur dari puskesmas setempat, memperkuat pelayanan di rumah sakit. Kedatangan barang-barang baru, seperti 20 tempat tidur dan monitor sentral pada akhir Maret 2024, diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan.” Lanjut dr.Nanda.

Dr. Nanda juga mengumumkan rencana untuk periode 2024-2027, dimana akan ada peningkatan peralatan medis canggih dan dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk pembangunan garasi dan ruang khusus. Selain itu, diharapkan akan ada penambahan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 530 orang, termasuk 150 formasi untuk tenaga kesehatan.



Selanjutnya, dalam sambutan Bupati, H.Aulia Oktafiandi menekankan pentingnya pelayanan publik yang berkualitas dan terjangkau, khususnya dalam bidang kesehatan, serta perlunya antisipasi terhadap tingginya angka kematian anak. Peresmian gedung baru ini menjadi langkah konkret dalam menjawab tantangan tersebut, dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan tenaga medis yang terlatih untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, terutama pada segmen anak-anak.
“Sejatinya sebuah Pemerintah Daerah adalah pemberi pelayanan publik, baik kesehatan dengan 1 kualitas yang harus dipenuhi yaitu mudah dn murah.” Lanjut Aulia

Aulia juga menambahkan bahwa Keterlibatan semua pihak, baik dari stakeholder maupun masyarakat umum, diharapkan akan mendorong terciptanya pelayanan kesehatan yang prima dan berkualitas, serta memastikan bahwa RSUD H. Damanhuri Barabai tetap menjadi rujukan utama bagi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti Berfungsinya Ruang Rawat Inap PICU,NICU dan Perinatologi oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, acara ditutup dengan peninjauan bersama Gedung Ruang Rawat Inap PICU, NICU dan Perinatologi yang Baru oleh Bupati dan para Undangan. (dd, erp)