R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Peningkatan Kompetensi Tenaga Kesehatan RSHD melalui On Job Training Neurosurgery Care

Peningkatan Kompetensi Tenaga Kesehatan RSHD melalui On Job Training Neurosurgery Care

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 27 September 2024, 10:03
RSHD Barabai, Humas RSHD, On Job Training

"Asuhan keperawatan perioperatif merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan prosedur bedah saraf. Dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, perawat di RSHD diharapkan mampu memberikan pelayanan yang optimal pada setiap tahapan perawatan."

Barabai, 26 September 2024 – Rumah Sakit H. Damanhuri (RSHD) Barabai terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan mengadakan On Job Training (OJT) bertema "Neurosurgery Care" bagi perawat dan bidan di RSHD. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan profesionalisme para tenaga kesehatan di RSHD, serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pelayanan bedah saraf (neurosurgery) di RSHD telah dimulai sejak bulan November 2021, dengan dr. H. Zulfadli Rizky Akbar, SpBS, sebagai Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP). Layanan bedah saraf di RSHD mencakup berbagai kasus trauma maupun non-trauma.


On Job Training kali ini menghadirkan tiga pemateri dengan keahlian masing-masing, yaitu:

  1. dr. H. Zulfadli Rizky Akbar, SpBS - Membawakan materi "Neurosurgery Care: What and How?", beliau memberikan pemahaman tentang konsep dan praktik dalam perawatan bedah saraf.
  2. Yuni Harnanto, S.ST - Membahas tentang "Asuhan Keperawatan Perioperatif Neurosurgery", memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang peran dan tugas perawat dalam menangani pasien bedah saraf pada tahap pra, intra, dan pasca operasi.
  3. Ners Muhammad Rizki Heriyadi, S.Kep., Ners - Menyampaikan materi mengenai "Tren dan Isu dalam Dunia Keperawatan Bedah Syaraf" serta berbagi pengalaman sebagai tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024.

Dengan adanya On Job Training ini, diharapkan perawat dan bidan RSHD dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada pasien, khususnya dalam menangani kasus bedah saraf. RSHD Barabai berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi tenaga kesehatannya demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (erp)