R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Nilai Tertinggi, Sopir Ambulance RSHD Barabai Tidak Cuma Bisa Nyetir Juga Harus Bisa Tolong Pasien

Nilai Tertinggi, Sopir Ambulance RSHD Barabai Tidak Cuma Bisa Nyetir Juga Harus Bisa Tolong Pasien

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 02 Maret 2024, 14:10
RSUD H. Damanhuri Barabai , PELATIHAN AMBULANCE, SRS

Harapan RSHD Barabai untuk semua sopir ambulance agar  bekerja secara ikhlas dan tulus dalam melayani pasien. Karena ini merupakan panggilan sosial untuk membantu sesama sehingga perlu ada rasa simpati dan empati untuk pelayanan bagi masyarakat.

Dua orang sopir ambulance Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri (RSHD) Barabai diberangkatkan  mengikuti pelatihan Devensif Driving di Hotel C-One Jakarta Pusat (22/24).

Keberadaan sopir ambulance memiliki peran cukup penting dalam memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang akan ditangani di rumah sakit.

Direktur RSUD H. Damanhuri Barabai, dr Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B mengungkapkan Tujuan memberikan kesempatan pelatihan pada karyawan untuk pengembangan kualitas Sumber daya manusia guna bekal bekerja, dan memiliki keaahlian yang baik dalam bidangnya .

Pada tahun 2023 RSHD Barabai sudah pernah mengirimkan dua orang Sopir Ambulance untuk mengikuti Pelatihan Devensif Driving di selenggarakan oleh lembaga Sigma  Raya Safetyndo (SRS),  Awal 2024 ini kembali RSHD Barabai mengikutsertakan dua orang Supir Ambulance untuk pelatihan tersebut, ini merupakan suatu bentuk perhatian pimpinan dan jajaran manajemen rumah sakit khususnya kepada para Sopir ambulance.

Kegiatan yang telah diikuti berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 22 sampai 23 Februari 2024. Fathurahman dan Hafiz Rahman menceritakan Peserta yang mengikuti pelatihan tidak hanya perwakilan dari RSHD Barabai tetapi juga terdapat banyak perwakilan dari berbagai instansi Pemerintah, Rumah Sakit, Perusahaan dan Para Relawan semua berjumlah 33 orang peserta.

Pelatihan yang diadakan Lembaga Sigma Raya Safetyndo (SRS) mengajarkan tentang Devensif Driving dalam kesempatan tersebut ada lima Narasumber yang menyampaikan materinya,  yaitu Bapak Maruloh, SE menerangkan materi Kebijakan pelayanan ambulans dan pengenalan alat di dalam ambulance, Pardan,ST (Pengenalan ewagon),  Abdul Rosyid, AMK (Teknik mengemudi), Muhamad Jali, AMK (Bantuan hidup dasar dan fraktur dan luka),  Instansi SRS (Sigma Raya Seftindo ) dan Ibu AKP Oni dari Polda Metro Jaya menjelaskan peraturan berlalu lintas.

Sopir ambulance RSHD Barabai merasa lebih memahami dan mengerti cara untuk penanganan pertama pada pasien yang diantarnya dan keutamaan tertib  berlalu lintas yang sesuai aturan. Para peserta diharapkan juga bisa mengetahui cara membantu para tenaga kesehatan dalam kecepatan dan ketepatan masalah kesehatan yang dialami pasien. 


Kegiatan yang diawali dengan pre-test dihari pertama dan post test, peserta dari RSHD Barabai, Fathurahman salah satu peserta yang mendapat nilai tertinggi dari 33 orang peserta saat post test dan praktik mendapat apresiasi dari para trainer serta bingkisan.

‘’apa yang diajarkan dipelatihan ini sangat berguna, dan bisa kami terapkan saat bekerja di RSHD’’ kata fathur.

Fathurrahman mengaku kebersahasilannya dalam post test dan ujian praktik, tidak terlepas dari pengalamannya sebagai sopir ambulance dan tentunya pelatihan-pelatihan yang pernah diadakan di RSHD Barabai.

‘’terima kasih atas kesempatan yang diberikan kami kepada Direktur dan jajaran manajemen RSHD Barabai’’ tutup fathur.

Harapan RSHD Barabai untuk semua sopir ambulance agar  bekerja secara ikhlas dan tulus dalam melayani pasien. Karena ini merupakan panggilan sosial untuk membantu sesama sehingga perlu ada rasa simpati dan empati untuk pelayanan bagi masyarakat.

«Rsn»