R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
"Meningkatkan Kualitas Pelayanan Persalinan: Pelatihan Standarisasi Asuhan Persalinan Normal (APN) bagi 15 Bidan RSUD H. Damanhuri Barabai"

"Meningkatkan Kualitas Pelayanan Persalinan: Pelatihan Standarisasi Asuhan Persalinan Normal (APN) bagi 15 Bidan RSUD H. Damanhuri Barabai"

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 05 Oktober 2024, 10:19
RSHD Barabai, BIDAN RSHD Barabai

"Pelatihan ini merupakan langkah penting menuju RSUD H. Damanhuri Barabai sebagai RS sayang ibu dan bayi, dengan bidan-bidan yang terampil, kompeten, dan menghargai hak-hak pasien."

Barabai, 5 Oktober 2024-Sesuai dengan salah satu Visi RSUD H.Damanhuri Barabai yaitu meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, Direktur RSUD H.Damanhuri Barabai dr.Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B menugaskan 15 orang bidan untuk mengikuti pelatihan Standarisasi Asuhan Persalinan Normal (APN). Pelatihan Standarisasi Asuhan Persalinan Normal (APN ) bertujuan agar terjadi perubahan yang signifikan terhadap sikap dan perilaku bidan dalam menolong persalinan, sehingga dengan kompetennya bidan dalam pertolongan persalinan dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi serta menurunkan AKI dan AKB. 

Terlaksananya pelatihan APN ini adalah hasil kerjasama RSUD H. Damanhuri Barabai dengan Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) Provinsi Kalimantan Selatan. Fasilisator dan Clinical Instructur ( CI ) terdiri dari para dr.spesialis kandungan dan bidan-bidan senior yang sudah diakui kompetensinya. Pelatihan APN ini dilaksanakan dari tanggal 23 September 2024 sampai dengan 2 Oktober 2024 yang bertempat di RSUD Ulin Banjarmasin. 

15 orang bidan yang ditugaskan mengikuti pelatihan ini terdiri dari :

- 9 orang dari Ruang VK-Ponek ( Darussalam )

- 6 orang dari Ruang Kebidanan Kandungan dan Rawat Gabung ( Afiat 2 ) 

Pelatihan APN ini dibuka secara resmi pada tanggal 23 September 2024 oleh dr. Samuel L. Tobing, Sp.OG, Subsp.Obginsos. Dalam sambutannya beliau sangat kagum dan memberikan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada bapak direktur RSUD H. Damanhuri Barabai yang telah mampu menugaskan 15 orang bidan sekaligus untuk mengikuti pelatihan APN. Kata beliau ini rekor sepanjang sejarah pelatihan APN di Kalimantan Selatan, baru kali ini satu angkatan pesertanya semua berasal dari satu instansi yang sama, memang RSUD H.Damanhuri Barabai luar biasa.


Harapannya setelah mengikuti pelatihan APN ini, ke 15 orang bidan ini dapat membawa ilmu baru untuk diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Sehingga ibu yang ingin melakukan persalinan d RSUD H. Damanhuri Barabai dapat di layani sesuai SOP dengan asuhan sayang ibu dan bayi sehingga proses persalinan menjadi momen yang menyenangkan dan ditolong oleh bidan yg terampil, kompeten dan menghargai hak-hak pasien untuk menuju RS sayang Ibu dan Bayi. 

Ketua Kelas : Erma Elisa Agustina, AMd.Keb (erp)