R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Mengenal Sosok H.Damanhuri

Mengenal Sosok H.Damanhuri

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 10 Nopember 2023, 20:31
rshd, Hari Pahlawan, H.Damanhuri

Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November 2023, sebagian Karyawan RSHD mengikuti upacara peringatan yang di adakan di Halaman Kantor Bupati HST.


Dalam rangkaian upacara yang diinspekturi oleh Wakil Bupati Drs. H.Mansyah Sabri, diselipkan pesan-pesan pahlawan yang terkenal di Indonesia.


Mengenang jasa para pahlawan, tak lupa juga kita mengenang seorang sosok pahlawan yang berasal dari barabai yang sekarang menjadi nama salah satu rumah sakit terbesar di Banua Enam, yaitu H.Damanhuri.


"Kita hanya tahu nama H. Damanhuri tapi tidak banyak yang mengenal sosok beliau sebenarnya, semoga dengan momen hari pahlawan dan hari jadi RSUD H. Damanhuri Barabai, kita khususnya karyawan RSHD Barabai bisa mengenal lebih jauh sosok beliau dan semoga tahun ini dalam rangka hari jadi RSHD Barabai bisa ziarah ke makam beliau" kata Faisal Kasubbag Rumah Tangfa, Hukum, dan Humas RSHD Barabai


H.Damanhuri merupakan sosok pejuang yang dijuluki ahli strategi dan seorang pemimpin dalam pertempuran Hawang.


Tanggal 21 Desember 1948 kedudukan pasukan ALRI di daerah Birayang, Ambitu, Hawang, Rangan dan Labuhan diserang pasukan Belanda, terkenal dengan Pertempuran Hawang.


H. Damanhuri selaku komandan mengatur strategi yang menguntukan pihaknya. Pertempuran di hutan Hawang sangat seru dan membuat pasukan Belanda tidak menyadari bahwa terjadi pertempuran sesama pasukan Belanda.



Hendaknya dengan mengenang sosok pahlawan H.Damanhuri,  karyawan rumah sakit senantiasa meneladani sifat2 kesatria beliau, senantiasa berjuang dan melayani masyarakat dengan ikhlas dan sepenuh hati sesuai visi dan misi rumah sakit.(erp)