R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Parenting Dari Psikolog RSHD

Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Parenting Dari Psikolog RSHD

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 03 Maret 2024, 12:41

"Pola asuh merupakan proses TRIAL dan ERROR, apabila tidak mempan maka harus dicoba lagi namun jangan sampai menyebut kata-kata kasar kepada anak" Jelas Pramarta Hasthoti, S.Psi.,Psikolog.

Pada Sabtu, 02 Maret 2024 telah dilakukan seminar parenting dengan tema "Anak Kecanduan Gadget? Bagaimana Solusinya?" di halaman PAUD IT Al Khair dimana psikolog klinis RSUD H. Damanhuri Barabai, Pramarta Hasthoti, S.Psi.,Psikolog menjadi narasumber. Acara tersebut dihadiri oleh orang tua murid, Ustadz, dan Ustadzah, juga disiarkan secara langsung melalui instagram rumah sakit (@rshdbarabaiofficial).

 

Acara yang digelar dalam rangka memeriahkan Milad Yayasan Al Futuwwah Barabai yang ke-27 tahun ini berlangsung ramai dengan antusiasme orang tua saat pemaparan materi mengenai pola asuh anak dan bagaimana cara mengatasi anak yang telah kecanduan bermain gadget.



 

Dalam pemaparannya, Pramarta menjelaskan dampak buruk kecanduan gadget yang dapat menyebabkan buruknya postur tubuh, obesitas, miopia atau gangguan melihat jarak jauh, gangguan tidur, keterlambatan bicara, hingga gangguan mental pada anak.

 

"Anak yang kecanduan gadget dapat mengabaikan kebutuhan biologisnya seperti makan, minum, hingga buang air yang kemudian berdampak buruk bagi kesehatannya" Tutur Pramarta.

 

Pramarta juga membagikan tip kepada orang tua agar memberi batas waktu (screen times) dan melakukan pengawasan kegiatan anak dalam bermain gadget. Namun apabila anak sudah kecanduan bermain gadget, maka diperlukan bantuan professional.

 

Seminar parenting ini ditutup dengan tanya jawab dan diskusi antara narasumber dan peserta yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. (ndrt)