R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
In House Training RSHD Barabai, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

In House Training RSHD Barabai, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Ditulis oleh didiand pada 07 Juli 2022, 11:38

Pengendalian infeksi di rumah sakit merupakan serangkain aktifitas kegiatan yang wajib dilakukan oleh team/depertemen instalasi pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) di rumah sakit yang merupakan tuntutan kualitas sekaligus persyaratan administrasi rumah sakit dalam menuju akreditasi. Pengendalian infeksi dalam industrialisasi rumah sakit bertujuan untuk melindungi masyarakat dari resiko bahaya penularan wabah, baik yang datang ditularkan dari pasien ke pasien, dari tenaga rumah sakit ke pasien, lingkungan rumah sakit ke pasien/pengunjung, tentunya ini sangat mempunyai peran penting terhadap citra dan nama besar rumah sakit. Hal ini menjadikan resiko bahaya infeksi dan kegiatan program dapat berbeda antara rumah sakit yang satu dengan rumah sakit lainnya, tergantung kegiatan-kegiatan dan layanan klinis rumah sakit, populasi pasien yang dilayani, lokasi geografis, volume pasien, dan jumlah pegawainya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan Keselamatan Pasien dan Petugas, maka Komite PPI menyelenggarakan In House Training Pencegahan dan Pengendalian Infeksi pada tanggal 6 sampai 23 Juli 2022 dengan materi Konsep Hand Hygiene dan Alat Pelindung Diri (APD) beserta audit yang dilaksanakannya. Sasaran In House Training adalah kepada semua pegawai RSHD Barabai. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Diklat PPI agar terlaksana upaya pencegahan dan pengendalian infeksi yang efektif serta efisien.

Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut maka kepatuhan Hand Hygiene dan Kepatuhan Pemakaian APD bisa meningkat dan menjadi budaya mutu sebagai bagian dari implementasi sasaran keselamatan yang ke-5 yaitu pengurangan risiko infeksi Rumah Sakit. Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur RSHD yang diwakili oleh Plt. Kepala Bagian Tata Usaha, Hernadi, SKM kemudian dilanjtukan sambutan oleh Ketua Komite PPI, dr. Faizah Yulianti. Sp.PK dan dilanjutkan dengan pembacaan do'a oleh Kabid Sarana dan Prasarana Rahmatullah, S.Kep. MM.